Kualifikasi Euro 2020: Prancis Gulung Moldova 4-1

kualifikasi euro 2020

topmetro.news Juara dunia Prancis, memulai pertandingan kualifikasi grup H di Euro 2020 (Piala Eropa) dengan gemilang, dengan Francis menggulung Moldova dengsn skor telak 4-1 berlangsung, pada Sabtu (23/03/2019) dinihari WIB di Stadion Zimbru.

Antoine Griezmann, Raphael Varane dan Olivier Giroud mencetak gol di babak pertama dan Kylian Mbappe mencetak gol, untuk menempatkan Prancis di puncak grup. Kemenangan itu menjadi modal Prancis, ketika menjalani pertandingan kandang pada Senin melawan Islandia, demikian dikutip dari Reuters, Sabtu (23/03/2019).

Di babak pertama, Les Blues sudah unggul telak atas Moldova berkat tiga gol Antoine Griezmann, Raphael Varane, dan Olivier Giroud. Gol berikutnya yang dicetak Kylian Mbappe, serta gol Moldova dari Vladimir Ambros, baru lahir jelang pertandingan berakhir.

Kemenangan tersebut membuat Prancis kini menduduki peringkat pertama grup H dengan koleksi tiga poin. Disusul oleh Islandia, yang berhasil menang atas Andorra dengan skor 2-0, juga Turki yang menduduki peringkat tiga.

Baru berjalan lima menit, Prancis sudah mendapatkan peluang pertamanya di pertandingan kali ini. Datang dari Olivier Giroud yang mendapatkan ruang tembak di kotak penalti Moldova. Sayangnya peluang tersebut masih bisa digagalkan oleh kiper Moldova, Alexei Koselev.

Serangan bertubi-tubi Prancis berlanjut, namun gol baru tercipta saat pertandingan memasuki menit ke-24. Adalah Antoine Griezmann yang menjadi dalang dibalik gol tersebut, setelah dirinya mendapat umpan dari gelandang Manchester United, Paul Pogba. 1-0.

Tiga menit berselang, giliran Raphael Varane yang membubuhkan namanya di papan skor. Berawal dari sepak pojok Griezmann, bek Real Madrid tersebut sukses menjangkaunya dengan sundulan dan membuat gawang Moldova kembali bergetar. 2-0.

Prancis membuat skor menjadi 3-0 di babak pertama. Kali ini adalah kesempatan Olivier Giroud, yang melepaskan tembakan voli usai mendapat umpan silang manis dari Blaise Matuidi. Kemenangan tampak seperti milik Prancis hingga saat ini.

Meski unggul 3-0, namun Les Blues tak mengendorkan serangan. Sayangnya, kedua tim sama-sama gagal menciptakan peluang di sisa-sisa menit permainan. Sampai wasit meniupkan peluit panjang, skor masih tetap sama 3-0 untuk Prancis.

Babak Kedua

Belum lama setelah wasit memulai babak kedua, Kylian Mbappe terlihat jatuh di kotak terlarang setelah mendapat ganjalan dari pemain Moldova. Namun wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran, sehingga penalti pun gagal didapatkan oleh Prancis.

Peluang Prancis datang lagi pada menit ke-66. Paul Pogba berhasil mendapatkan bola dan langsung melepas tembakan yang berhasil ditepis oleh Koselev. Bola muntah lalu jatuh di kaki Benjamin Pavard, yang langsung melepaskan tembakan berikutnya. Sayang, bola hanya melambung tinggi di atas gawang.

Serangan Prancis tak ada hentinya. Pada menit ke-70, Antione Griezmann mengirimkan bola ke depan gawang yang langsung disambut dengan sundulan oleh Paul Pogba. Tapi Koselev masih mampu untuk menjangkaunya serta melakukan penyelamatan gemilang.

Serangan bertubi-tubi Prancis akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-87, Kylian Mbappe berhasil mengubah skor menjadi 4-0 setelah tembakan mendatar yang mengarah ke pojok bawah gawang Moldova gagal diselamatkan oleh Koselev.

Moldova bukannya tak berupaya mencetak gol, namun usahanya baru benar-benar terbayar pada menit ke-89. Blunder fatal dilakukan oleh Hugo Lloris yang salah berkomunikasi dengan Pavard. Vladimir Ambros melihat peluang tersebut dan tanpa ragu mengkonversinya menjadi gol. 4-1.

Gol tersebut menjadi penutup dari rangkaian pertandingan yang berlangsung di Stadionul Zimbru kali ini. Prancis keluar sebagai pemenang dengan skor telak 4-1.(TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment